Pelaut | Kelas ETO | Cara Menggunakan ESS Electromechanical Systems Simulator

Pelaut | Kelas ETO | Cara Menggunakan ESS Electromechanical Systems Simulator


Saya coba search di google cara menggunakan software ini tetapi tidak ada tutorial untuk pemula.

Sepertinya software ini memang eksklusif.

Tetapi saya coba dengan cara saya coba menuliskannya sambil mempraktekkannya di sini yah?

Di setiap software, ketika saya baru pertama kali menggunakannya dan tidak ada mentor, maka hal ini yang saya lakukan

1. Klik Option Help



Nah, di sini kita bisa tau tentang apa dan bagaimana software yang kita gunakan ini.

2. ESS singkatan dari Electromechanical System Simulator



ESS ini digunakan untuk mendesain dan menganalisa kontrol sistem elektromekanikal. Kata kuncinya adalah sistem kontrol.

3. User Interface



Bagi saya sendiri sampai di sini saya cukup terbantu. Dan tombol tombol yang disediakan juga cukup mudah digunakan.

3. Mengenal Komponen di ESS



Di gambar ini juga tampak keterangan tentang komponen komponen yang ada di ESS ini.









Ada 9 jenis motor yang bisa disimulasi di ESS ini.

Dan begini cara mensimulasi rangkaiannya



Nah, teman teman bisa coba membuat rangkaian seperti di gambar ini untuk kemudian dirun



Bahkan di sini juga diperlihatkan banyak contoh yang bisa kita tiru untuk latihan



Video Tutorialnya di sini

https://youtu.be/xXnD3C3ysSM

Begitulah temans, selamat berkarya. :)

Post Lain Yang Dianjurkan:



  1. Keliling Dunia Digaji

  2. Top Promotion Cruise

  3. Belajar Digital Marketing, Gratis

  4. Buat Web Sendiri, Dengan Nama Sendiri

Postingan Populer