Fakta Kapal Pesiar | Mencret Pasti Dikarantina

Fakta Kapal Pesiar | Mencret Pasti Dikarantina


Fakta Kapal Pesiar | Mencret Pasti Dikarantina pernah saya dibully sodara gegara saya bilang kapal gak bisa masuk port kalau banyak yang mencret. Terus tertawalah dia semingguan penuh, sampai minggu depannya lagi saya masih dimaki maki karena menurutnya mencret dan dikarantina terus gak diijinin masuk pelabuhan suatu negara itu sama sekali tidak masuk akal.

Saya bingung gimana nanggapinnya.

Saya ikut tertawa saja.

Bukan tertawa bersamanya tetapi tertawakan keadaan karena susah gimana jelasinnya.

Nah, dan beginilah kemudian kejadiannya.

Mungkin dengan tulisan ini, kita bisa sama sama memahami mencret dan ijin masuk port suatu negara.

cruise ship

 

  • Mencret dianggap sebagai penyakit menular di atas kapal


Hanya saja di atas kapal, mencret punya nama yang lebih keren. GI atau Gastro Intestinal sebenarnya punya banyak gejala gejala umum tetapi mencret yang paling menonjol. Dan ketika sudah terserang penyakit ini (biasanya ketika mulai masuk dari asia dari eropa), penumpang banyak coba masakan asia yang berbumbu, perutnya tidak terbiasa, atau juga diiringin dengan perubahan cuaca ekstrim dari yang dingin banget di eropa, ke tropis di asia.

mencret kapal pesiar

Nah, ketika seseorang di atas kapal menderita mencret ini. Maka langkah pertama yang dilakukan adalah... ISOLASI YANG TERKENA MENCRET.

Gak boleh keluar kamar dan atau berinteraksi dengan orang orang lainnya di atas kapal.

Setelah sembuhpun, kamarnya harus didisinfektan seolah olah dosanya bersama virus mencretnya mengambil alih seluruh kamar penderita.

Yang paling menderita yaaa orang housekeepingnya.

Selain GI, juga ada mencret lainnya yang disebut AGE atau Acute Gastroenteritis.

AGE (dibaca ei ji i) ini juga sama, MENCRET namun disertai muntah.

Pokoknya mencret ini termasuk salah satu penyakit paling ditakuti di atas kapal pesiar, mengapa? karena ketika 10% dari total penumpang kapal terkena mencret, kapal terancam tidak bisa memasuki pelabuhan manapun, ngambang di tengah lautan, tak tentu arah... atau boleh ngeport dengan syarat dan perijinan luar biasa menguras dompet perusahaan dan menguras tenaga crew kapal.

 

  • Langkah Mencegah Mencret di atas kapal pesiar


Nah, makanya untuk kasus mencret ini, melihat dari segala perlengkapan dan chemical yang disediakan perusahaan, tidak main main dana yang digelontorkan untuk mencegah mencret terjadi di atas kapal. Ngeri euyh.

prevent AGE Illness

 

Teman saya pernah malah diberikan surat peringatan gegara terlambat laporan kalau dia mencret. Aih, terdengar tidak masuk akal memang, tetapi banyak hal yang tidak masuk akal di atas kapal pesiar. Bilipmih bebz...

Itu baru kewajiban penderita mencret, belum langkah preventive yang dilakukan perusahaan ketika lebih dari 5 orang di atas kapal pesiar yang terkena mencret. Bayangkan seluruh isi dan dinding kapal itu dilap menggunakan disinfektan, manual bo... for god sake. memang begitulah kejadiannya. Ufth...

Yep, semoga tulisan ini mencerahkan bahwa mencret itu diseriusi di suatu tempat di belahan bumi ini, yakni di dunia para pelaut.

 

POSTINGAN LAIN YANG MUNGKIN BERMANFAAT BAGI ANDA
[su_posts template="templates/teaser-loop.php" posts_per_page="4" order="desc"]

Daftar Workshop Kursus Robotika Untuk Kota Kamu
[su_button url="bit.ly/BikinRobot" target="blank" style="3d" background="#91120e" color="#000000" size="4" radius="round" icon_color="#91120e"]Belajar Robotika[/su_button]

Postingan Populer