Mengapa Ausbildung Jerman itu Keren

Kali ini saya hendak bercerita tentang bagaimana adik saya di usia 20 tahun bisa bekerja sekaligus sekolah di Jerman. Bukan beasiswa, tetapi segalanya ditanggung. Bahkan saya hanya bekali 100euro saat dia ke Jerman, untuk jaga jaga. Keren kan?

ausbildung jerman makassar

 

Adalah Ausbildung, program yang menempatkan adik saya di Jerman saat ini. Apa itu Ausbildung? Nah, ini kerennya. Ausbildung itu adalah programnya orang Jerman yang jadi salah satu alasan mengapa Jerman itu kualitas pekerja dan manusianya keren abis. Bagi saya pribadi sih, kualitas manusia Jerman itu salah satu terbaik di dunia. Selain karena gak banyak yang doyan ngibul, juga karena dramanya mereka cute, ahsudahlah, bagian dramanya nanti di lain cerita. Sekarang kita fokus di Ausbildung.

Di Jerman sendiri, Ausbildung itu diikuti oleh siapa saja di Jerman untuk mengambil keahlian tertentu. Keahlian apa saja. Contoh Ibu teman saya yang orang Poland di Jerman, usianya 54 tahun, ngambil Ausbildung bagian nursing, kemudian om teman saya di bagian permesinan, banyak kenalan dia di bagian teknik listrik, ada di bagian kesektariatan, pokoknya banyaak banget keahlian atau skill yang dapat  difokusi di Ausbildung. Lama belajarnya juga bervariasi, dari 1 sampai 4 tahun, tergantung bidang keahlian apa yang hendak diikuti. Itu Ausbildung bagi orang Jerman.

[caption id="attachment_2724" align="aligncenter" width="487"]ausbildung teknik listrik ausbildung teknik listrik, sumber: google image[/caption]

 

Nah, ketika Ausbildung dibuka bagi orang Indonesia beberapa tahun lalu, boleh mendaftar dari negara asal, dari Indonesia, Ausbildung hanya mensyaratkan satu hal, yakni bahasa. Bahasa Jerman di level B1. Olehnya itu, pelaksana Ausbildung di Indonesia juga sebagian besar adalah merupakan penyedia jasa kursus bahasa Jerman dan pendampingan sampai siswa lulus berangkat ke Jerman.

Susah? Menurut saya, ini adalah syarat ke luar negeri (negara maju) paling keren, mudah, tepat sasaran yang pernah saya saksikan. Sedikit cerita tentang perjuangan saya untuk peroleh beasiswa ke negara maju. Saya lulus wisuda tahun 2008, Sarjana Teknik. persiapan mengambil beasiswa itu sudah saya persiapkan sejak 2006. Dari TOEFL, IELTS, surat motivasi, surat rekomendasi, dan masih banyak lagi. you named it lah. Sampai 5 tahun setelah lulus, sambil kerja, sambil mempersiapkan semua jenis persyaratan persyaratan ini, habis tidak sedikit uang, dan, saya harus terima kenyataan in the end, saya gagal. Itu hanya untuk beasiswa loh ya, dan saya yakin tidak sedikit yang seperti saya.

Dan Ausbildung hadir dengan syarat hanya bahasa, yang itupun diajari, dibimbing, diarahkan, sampai berangkat ke Jerman. Kurang keren apa coba?

Kerennya lagi,  bahkan pengelola Ausbildung ini ada di Makassar, kita yang dari Sulawesi ke Indonesia Timur tidak harus jauh jauh ke Jawa lagi. Unch banget kan? Banyak dana yang bisa kita save.

[caption id="attachment_2725" align="aligncenter" width="473"]Ausbildung Makassar Ausbildung Makassar[/caption]

Okehlanjut, saya akan fokus di Ausbildung Makassar. Di Ausbildung Makassar ini, adik adik yang mendaftar akan dibimbing bahasa Jerman selama 8 bulan untuk menguasai level bahasa tingkat B1, kemudian akan dijadwalkan tes bahasa di Goethe Institute, adanya hanya di Surabaya dan Jakarta, kemudian hasil kelulusan kurang lebih 2 minggu. Setelah dinyatakan lulus, siswa akan diberikan jadwal berangkat, dan untuk itu mempersiapkan visa dan segala dokumen yang dibutuhkan. Intinya sih dokumen dokumen itu hanya Passport, kelengkapan lain seperti CV dan lain lain dibimbing semuanya oleh Ausbildung Makassar.

Yap, kemudian ketika visa aman (interview visanya, siswa harus ke Jakarta, ke Germany embassy), kontrak kerja di tangan, dibelikan tiket berangkat, dan dimulailah bekerja dan belajar di Jerman selama 3 tahun. Yang untuk semua proses dari mulai daftar belajar sampai berangkat ke Jerman itu kurang lebih hanya 1 tahun. Yep, hanya 1 tahun. Demi neptunus, saya berharap program ini ada di masa saya dulu. Untuk Indonesia, dibatasi hanya untuk usia di bawah 30 tahun. :(

Padahal di Jermannya ini dibuka bagi semua usia. Semoga regulasinya untuk Indonesia akan menyesuaikan sama dengan di Jerman.

Nah, long story short, bagi yang hendak belajar dan bekerja di Jerman, boleh silahkan langsung datang ke Ausbildung Makassar di sini:

[su_gmap address="Ausbildung Makassar"]

 

Mau tanya tanya, boleh klik link WA yang ngapung2 di web ini di kanan bawah. Good Luck yaah?!

Jangan sia siakan ketika ada informasi keren seperti ini dan kamu masih muda.

 

POSTINGAN LAIN YANG MUNGKIN BERMANFAAT BAGI ANDA
[su_posts template="templates/teaser-loop.php" posts_per_page="4" order="desc"]

Daftar Workshop Kursus Robotika Untuk Kota Kamu
[su_button url="bit.ly/BikinRobot" target="blank" style="3d" background="#91120e" color="#000000" size="4" radius="round" icon_color="#91120e"]Belajar Robotika[/su_button]

Postingan Populer