Homeless di Negara Salju dan Negara Tropis Sampai Negara Yang Tidak Ada Tuna Wismanya

Homeless di Negara Salju dan Negara Tropis Sampai Negara Yang Tidak Ada Tuna Wismanya



Perbandingan Kalau Homeless di negara tropis seperti kita di Indonesia dan di negara bersalju, ini terus mengganggu pikiran saya gegara ketika 2018 lalu di Hamburg, dengan suhu sangat dingin bagi saya, yang kata suami saya itu biasa, saya melihat banyak orang di pinggir jalan, tiduran dan menggigil, dan....

Mereka homeless, tuna wisma, saya jadi berpikir, ngeri banget kalau sampai jadi homeless di negara negara bersalju ini. Mati kedinginan tantangannya.

Begini perbandingan rasanya kalau jadi homeless/tuna wisma di negara tropis dan negara bersalju:


  • NEGARA TROPIS



Suhu di Luar Stabil

Tidur di Mana saja di luar bebas

Tantangannya hanya tindak kriminal dari manusianya, bukan suhu ekstrimnya

 

tunawisma indonesia

 


  • NEGARA BERSALJU



Suhunya ngeri

Tantangan hidup di jalan, bukan hanya dari kejahatan kriminal, tetapi juga suhu, bisa sampai menyebabkan kematian

homeless in snow country

 

Bayangkan betapa patah hatinya saya ketika menggigil kedinginan dan melihat orang orang tiduran di pinggir jalan. Jiwa Indonesia saya tersakiti.

homeless in snow

 


  • CARA HOMELESS / TUNAWISMA BERTAHAN HIDUP ADALAH DENGAN PLASTIK DAN SAMPAH



Dan ada cara bertahan hidup mereka yang sama, negara manapun tempatnya. Yakni dengan memulung plastik dan sampah.

Di negara tropis maupun negara bersalju, sampah plastik ada untuk menyelamatkan.

homeless and plastic

Setidaknya, ada alternatif untuk bertahan hidup.

tunawisma diselamatkan plastik

 


  • NEGARA TANPA HOMELESS



Ajaibnya ada negara negara di dunia ini yang tampaknya tidak memiliki homeless sama sekali atau bahkan sangat rendah. Entah bagaimana diatur ini di negaranya. Saya ingat ketika di Abu Dhabi, ada peminta minta, yang kemudian setelah diinformasikan, mereka yang meminta minta di negara ini bahkan hidup mewah.


  1. -sultanate of oman

  2. -united arab emirates

  3. -qatar

  4. -bahrain

  5. -kuwait

  6. -jordan

  7. -cyprus

  8. egypy is at 1% of homeless population

Postingan Populer